Pengelolaan Keuangan Dalam Pengantar bisnis

Pengertian Pengelolaan Keuangan Menurut Para Ahli

Menurut kamus besar Indonesia, Pengelolaan artinya penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Pengelolaan keuangan adalah sumber daya yang diterima yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan keuangan dimaksudkan sebagai suatu pengelolaan terhadap fungsi-fungsi keuangan.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian pengelolaan pendidikan. Setiap lembaga pendidikan selalu berhubungan dengan masalah keuangan, yang berkisar pada: uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), uang kesejahteraan personel dan gaji serta keuangan yang berhubungan langsung dengan penyelenggaraan lembaga pendidikan seperti perbaikan sarana prasarana dan sebagainya. 

E. Mulyasa (2002) menjelaskan bahwa tugas pengelolaan keuangan dapat dibagi kedalam tiga fase, yaitu:
1. Financial Planning
Financial planning merupakan kegiatan mengkoordinir semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematis tanpa menyebabkan efek samping yang merugikan. 

2. Implementation
Ialah kegiatan berdasarkan rencana yang telah dibuat dan kemungkinan terjadi penyesuaian jika diperlukan.

3. Evaluation
Merupakan proses evaluasi terhadap pencapaian sasaran.


PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM BISNIS


Dalam Pengelolaan keuangan dalam Bisnis, terdapat 5 langkah,,
silahkan perhatikan langkah-langkah berikut

Analisis

1.  Ada beberapa langkah atau syarat agar suatu perusahaan dapat mengelola keuangannya dengan baik, yaitu :
·         Peramalan kebutuhan keuangan jangka pendek dan jangka panjang
Peramalan jangka pendek menunjukkan peramalan dari pendapatan, biaya, dan pengeluaran dalam periode satu tahun. Bentuk dari peramalan jangka panjang adalah prediksi dari arus kas masuk dan arus kas keluar di masa yang akan datang.
·         Menyusun anggaran sesuai dengan peramalan yang dilakukan
Anggaran yang biasa disusun oleh perusahaan adalah anggaran operasi, anggaran modal, dan anggaran kas.
·         Menyusun kontrol terhadap keuangan
Kontrol keuangan akan menberikan feedback untuk mengungkapkan departemen dan orang mana yang menyimpang dari perencanaan keuangan

2. Fungsi Manajemen Keuangan :
v  Perencanaan Keuangan

Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
v  Penganggaran Keuangan

Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
v  Pengelolaan Keuangan

Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
v  Pencarian Keuangan

Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
v  Penyimpanan Keuangan

Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.
v  Pengendalian Keuangan

Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.
v  Pemeriksaan Keuangan

Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

Tugas Manejemen Keuangan
Ø  Mendapatkan Dana Perusahaan
Ø  Menggunakan Dana Perusahaan
Ø  Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan
Ø  Mengelola pajak
Ø  Memberi saran kepada Top Management dalam hal keuangan

Yang bertanggung jawab dalam pengelolaan manajemen keuangan adalah manajer keuangan dan manajemen treasury






3.    Suatu perusahaan harus menyusun atau merencanakan kebutuhan keuangan agar dapat meramalkan seberapa besar anggaran yang diperlukan untuk kebutuhan suatu perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menyusun laporan keuangan, seorang manajer dapat mengetahui serta mengontrol keuangan suatu perusahaan.

Perusahaan Besar
Perusahaan kecil
Perencanaan
Jangka pendek dan jangka panjang
Jangka pendek
Penganggaran
Anggaran operasi, modal, kas, master budget sudah jelas dan terstruktur dengan baik.
Anggaran dana dalam jumlah besar
Anggaran operasi, modal, kas, master budget belum terlalu jelas dan belum terstruktur dengan baik.
Anggaran dana dalam jumlah relatif kecil
Pendanaan
Investasi berupa saham penanaman modal.
Peminjaman modal dalam skala besar
Peminjaman modal relatif kecil, jarang ada investasi dan penanaman modal
Kontrol Dana
Manajer Keuangan
Pemilik perusahaan
Audit
Audit internal dan eksternal
Audit internal dari pemilik
Pengelolaan Pajak
Ada anggaran pajak dalam skala besar oleh manager keuangan
Ada anggaran pajak dalam skala kecil oleh pemilik sendiri
4.
5.  Manajemen keuangan yang baik diharapkan dapat memaksimumkan nilai perusahaan, memaksimalkan laba, dan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham (tercermin dalam situasi harga saham di bursa efek). Olaeh karena itu, perencanaan keuangan sangat penting bagi suatu perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.


0 Response to "Pengelolaan Keuangan Dalam Pengantar bisnis"

Posting Komentar